Periodic Assessment ASN, Kementerian PANRB Siap Menjadi Role Model

By Admin

nusakini.com--Aparatur Sipil Negara memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintah. Penyelenggara negara harus orang terdepan dan menjadi pemimpin perubahan untuk memberikan pelayanan publik yang prima serta profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kompetensi dan kualifikasi ASN harus selalu ditingkatkan guna menyesuaikan dengan dinamika persaingan global saat ini yang sangat kompetitif. 

"Untuk menguji kemampuan individu dan memastikan ASN selalu memiliki kualifikasi serta kompetensi yang baik dalam penyelenggaraan birokrasi dan pelayanan publik, Kementerian PANRB akan menerapkan Periodic Assessment bagi seluruh pejabat dan pegawai," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur saat memberikan pidato pada acara Pelantikan Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional di lingkungan Kementerian PANRB di Jakarta, Senin (4/9). 

Periodic assessment ini merupakan sebuah ujian yang akan dilaksanakan secara berkala kepada para pejabat dan pegawai yang akan dilaksanakan di lingkungan Kementerian PANRB. 

"Kementerian PANRB adalah pelaku reformasi terdepan dalam Pemerintah, oleh karena itu saya yakin jika dapat segera menerapkan periodic assessment, maka instansi Pemerintah lain akan juga ikut mengimplementasikanya di satuan kerja masing-masing," tegas Menteri Asman. 

Menteri PANRB juga mengingatkan kepada seluruh pejabat eselon 1, 2, 3, dan 4 untuk tidak terjebak dalam rutinitas serta harus berani melakukan perubahan dan terobosan baru untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang optimal. 

"Kementerian PANRB adalah pelaku reformasi utama dalam birokrasi, untuk itu kita patut menjadi panutan dalam melakukan perubahan agar reformasi yang kita lakukan dapat diikuti oleh instansi Pemerintah lainnya," tegas Menteri Asman 

Hadir dalam pelantikan ini Sekretaris Kementerian PANRB, para Deputi, para Staf Ahli, serta para Staf Khusus MenPANRB. (p/ab)